Asyiknya Bermain Guli (Kelereng) Di Kampung Aur

INGAT Gak? Ketika masih kecil permainan ini paling sering dimainkan di Kampung Aur. Iya, main guli atau kelereng namanya. Main guli ini ngetop di era 80-an.
Main Guli di Kampung Aur
INGAT Gak? Ketika masih kecil permainan ini paling sering dimainkan di Kampung Aur. Iya, main guli atau kelereng namanya. Main guli ini ngetop di era 80-an. 

Kalau dulu, mainnya di halaman depan dan belakang Masjid Jami' Kelurahan Aur. Sebelum lantai halaman disemen, main guli di tanah paling enak.

Bentuknya bulat kaca dan jenisnya pun macam-macam. Ada yang model bunga sampai model planet. Ada yang paling besar, sampai yang paling kecil. Dulu Admin punya guli sampai satu toples, karena menang terus mainnya. Hehehe...

Ada beberapa jenis dalam permainan guli:

1. Main Bom, siapa yang mengalahkan lawannya, guli yang ada di dalam kotak milik yang menang.

2. Main Pelo, memburu pemain lawan sampai capek. Kalau kena dipelo, yang kalah harus bayar pakai guli juga.

3. Main Pelo Lubang, pemain harus mengenai guli lawan dan masuk ke lubang. Dihitung sampai 20 kali, kalau sudah game atau sudah mengenai dan masuk ke lubang sebanyak 20 kali, maka yang kalah wajib menaruh tangannya dengan cara menutupi lubang. Lalu yang menang menjatuhkan guli dengan tangan dari jarak semampunya untuk mengenai tangan lawan yang kalah. Ada juga cara lain menghukum yang kalah, yakni mempelo guli lawan jauh-jauh dari lubang. Kalau lawan berhasil masuk lubang, maka berakhirlah hukumannya.

4. Main Congklak juga bisa.

5. Main Patok, caranya, guli dilemparkan ke guli lawan. Kalau kena, dia yang menang.

Asyiknya Bermain Guli (Kelereng) Di Kampung Aur Asyiknya Bermain Guli (Kelereng) Di Kampung Aur Reviewed by Unknown on Saturday, July 27, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.